Welcome to My Blog, Have Fun yeah !

Sabtu, 19 Februari 2011

Global Warming

           Global Warming

         Global warming adalah peningkatan suhu rata-rata atmosfer,laut, dan daratan bumi. Peningkatan suhu global sejak abad ke-20 kemungkinan disebabkan meningkatnya gas-gas rumah kaca akibat aktifitas manusia melalui efek rumah kaca. Dengan meningkatnya suhu global, maka diperkirakan akan terjadinya perubahan-perubahan seperti meningkatnya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim, serta perubahan jumlah pola dan presipitasi.
Ketika energi yang berasal dari permukaan bumi tiba dipermukaan bumi, energi ini berubah menjadi energi panas. Permukaan bumi lalu menyerap energi panas tersebut digunakan untuk menghangatkn permukaan bumi. Setelah itu, sebagian panas tersebut lalu dipantulkan lagi ke angkas luar. Akan tetapi, karena menumpuknya gas karbondioksida, metana, dan gas-gas lai. Maka, energi panas tersebut terperangkap didalam atmosfer bumi, lalu menghangatkan bumi kembali.


Pada kenyataannya, efek rumah kaca sangat bermanfaat untuk menghangatkan bumi. Karena jika tidak ada efek rumah kaca, maka suhu bumi akan turun, dan itu dapat menyebabkan permukaan bumi menjadi dingin dan tertutup oleh salju. Akan tetapi jika berlebihan, maka akan menyebabkan pemanasan global.

Dampak pemanasan global antara lain:
1.     Iklim tidak stabil
Para ilmuwan meramalkan bahwa selama pemanasan global terjadi, daerah bagian utara dari belahan bumi utara akan memanas lebih besar daripada bagian bumi yang lain. Hal itu menyebabkan gunung-gunung es mencair menyebabkan naiknya permukaan air laut, dan akibatnya banyak daratan tenggelam. Sehingga permukaan daratan akan semakin sempit. Selain itu, pemanasan global menyebabkan air laut menguap lebih banyak, hal ini menyebabkan perubahan cuaca terjadi signifikan sehingga iklim didunia tidak stabil.
2.     Permukaan air laut meningkat
Kenaikan suhu dipermukaan bumi, juga turut menaikkan suhu permukaan air laut. Sehingga air laut bertambah volumenya dan permukaan laut pun bertambah tinggi.
3.     Suhu global cendeung meningkat
4.     Gangguan ekologis
Banyak makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan yang tak bisa bertahan akibat pemanasan global yang menyebabkan iklim berubah drastis, mereka kemungkinan besar akan punah.

          Sebenarnya kita dapat mencegah terjadinya pemanasan global ini. Dengan cara melakukan penanaman pohon. Selain itu, kita juga dapat mengurangi polusi dengan cara memakai kendaraan seperlunya, atau memakai bahan yang ramah lingkungan. Hal itu dilakukan, karena polutan dapat meningkatkan efek rumah kaca, dan efek tersebut yang menyebabkan terjadinya pemanasan global. Maka dari itu, mari kita jaga bumi kita yang sudah semakin tua ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar